Skip to content

Mengenal Dasar Dan Tingkatan Kelas Training Pemadam Kebakaran

5/5

July 2022

MO
TU
WE
TH
FR
SA
SU
27
28
29
30
1
2
3
Events for July

1st

No Events
Events for July

2nd

No Events
Events for July

3rd

4
5
6
7
8
9
10
Events for July

4th

No Events
Events for July

5th

No Events
Events for July

6th

No Events
Events for July

7th

No Events
Events for July

8th

No Events
Events for July

9th

No Events
Events for July

10th

11
12
13
14
15
16
17
Events for July

11th

No Events
Events for July

12th

No Events
Events for July

13th

No Events
Events for July

14th

No Events
Events for July

15th

No Events
Events for July

16th

No Events
Events for July

17th

18
19
20
21
22
23
24
Events for July

18th

No Events
Events for July

19th

No Events
Events for July

20th

No Events
Events for July

21st

No Events
Events for July

22nd

No Events
Events for July

23rd

No Events
Events for July

24th

25
26
27
28
29
30
31
Events for July

25th

No Events
Events for July

26th

No Events
Events for July

27th

No Events
Events for July

28th

No Events
Events for July

29th

No Events
Events for July

30th

No Events
Events for July

31st

1
2
3
4
5
6
7

Jika membicarakan Training Pemadam Kebakaran, maka kebakaran adalah suatu kondisi yang terjadi dikarenakan adanya sumber api pada beberapa objek, misalnya rumah, gedung perkantoran, hingga hutan.

Intensitas terjadinya kebakaran di wilayah Indonesia pada umumnya cukup tinggi. Kebakaran ini mengakibatkan kehilangan materi dan moril.

Sehingga, dibutuhkan tim pemadam kebakaran yang bergerak khusus guna mencegah penyebaran api.

Yaitu dengan beragam metode pemadaman sesuai kondisi tempat terjadinya peristiwa dengan tetap mengutamakan keselamatan setiap anggota pemadam kebakaran. 

Menjadi anggota tim atau petugas pemadam kebakaran merupakan pekerjaan yang menantang.

Untuk dapat bekerja sebagai tim pemadam kebakaran dibutuhkan sertifikat kelayakan bekerja dengan mengikuti Training Kebakaran atau training damkar sehingga dapat menjadi ahli K3 kebakaran professional. 

Mengenal Dasar Training Pemadam Kebakaran

Training Kebakaran atau Training Damkar merupakan suatu program yang ditujukan kepada petugas pemadam kebakaran untuk mengurangi tingkat kecelakaan dalam menjalankan tugas pemadaman kebakaran,

Training Kebakaran ini adalah salah satu metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja dari petugas pemadam kebakaran.

Peserta Training Kebakaran ini merupakan individu yang telah terdidik yang mengetahui kompetensi memungkinkan yang berada di lokasi kebakaran.

Serta dapat melakukan pencegahan dan penanggulangan kondisi kebakaran di tempat kejadian.

Acuan hukum yang menjadi dasar bahwa setiap anggota tim atau petugas pemadam kebakaran harus mengikuti Training Kebakaran ini, yaitu diantaranya:

  1. Peraturan dalam undang-undang No.1 Tahun 1970 yang membahas mengenai Keselamatan Kerja agar mampu mencegah, mengurangi, dan memadamkan area kebakaran.
  2. Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No.186/Men/1999 yang membahas mengenai unit penanggulangan kondisi kebakaran selama berada di tempat kerja. Dicantumkan bahwa penanggulangan terhadap kondisi kebakaran merupakan beragam usaha yang diupayakan untuk mencegah timbulnya kebakaran. Sedangkan, pencegahan kebakaran adalah usaha agar nyala api mampu dikendalikan.
  3. Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No.4 Tahun 1980 yang membahas mengenai Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
  4. Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No.2/Men/1992 yang membahas mengenai tata cara penunjukkan, wewenang, dan kewajiban para ahli K3 kebakaran.

Dengan mengikuti Training Damkar ini akan dapat membekali petugas pemadam kebakaran dengan beragam pengetahuan dan SOP tentang pemadam kebakaran.

Sehingga, setiap petugas pemadam kebakaran nantinya mampu menjaga diri saat bekerja, memadamkan api, dan menyelamatkan lebih banyak korban.

Tujuan Diadakannya Training Pemadam Kebakaran

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Training Kebakaran (Training Damkar) ini ditujukan untuk mempersiapkan para profesional yang sanggup bekerja untuk tim, mengarahkan metode kerja yang tepat untuk menekan terjadinya beragam kerugian, dan tetap menjaga keselamatan jiwa raga setiap anggota tim pemadam kebakaran.

Secara spesifik, tujuan yang ingin dicapai dari diadakannya Training Kebakaran (Training Damkar), biasanya dimulai dari Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D.

Di antaranya: mampu melaksanakan pencegahan dan penanggulangan kondisi kebakaran secara tepat, berusaha untuk melakukan beragam pemeriksaan dengan tetap menjunjung dasar pemeliharaan sarana pencegah kebakaran, dapat memiliki kemampuan memadamkan api dengan level kebakaran tingkat lanjut.

Serta juga mampu menyelamatkan setiap korban jiwa dengan beragam kondisi dan menggunakan teknik kerja yang tepat sasaran.

Sehingga, nantinya yang diharapkan setiap personil yang mengikuti Training Damkar ini dapat memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Mengetahui kondisi dan tindakan berbahaya (inspeksi) pencegahan kebakaran.
  2. Mengetahui kondisi sarana proteksi kebakaran.
  3. Mampu memadamkan kebakaran tingkat awal hingga lanjut.
  4. Mampu memimpin penanggulangan kebakaran.
  5. Mampu menyusun program kerja dan kegiatan tentang cara penanggulangan kebakaran.
  6. Mampu mengusulkan anggaran, sarana, dan fasilitas yang dibutuhkan kepada manajemen.
  7. Mampu memeriksa dan memelihara sarana alat pelindung kebakaran.
  8. Menyelamatkan dan memberikan pertolongan pada korban.

Training Kebakaran ini dibimbing oleh para ahli bidang pemadam kebakaran dan ahli Kemenaker (Kementerian Tenaga Kerja) Republik Indonesia.

Apabila peserta telah lulus uji dan praktik Training Kebakaran (Training Damkar), maka akan memperoleh sertifikat dan lisensi bekerja dari Kemenaker RI sebagai ahli K3 kebakaran professional sesuai tingkatan kelas yang diikuti.

Sehingga, peserta sertifikasi ini dapat memperoleh lisensi kerja dengan mengamalkan materi untuk membangun tim kerja pemadam kebakaran yang solid, sistematis, dan kondusif.

Mengenal Tingkatan Kelas Training Pemadam Kebakaran

Training Damkar ini terbagi menjadi 4 tingkatan kelas, yaitu Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D, Training Kebakaran kelas C, Training Pemadam Kebakaran kelas B, dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas A. Biasanya, disingkat menjadi Training Kebakaran K3 DCBA. Setiap kelasnya memiliki sertifikat dan tujuan Training Damkar yang berbeda. 

  • Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D

Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D (Training Damkar) ini merupakan pelatihan dasar petugas peran kebakaran. Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D atau Training Kebakaran (Training Damkar) ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta mempersiapkan petugas dan tenaga kerja untuk menanggulangi terjadinya kebakaran.

Sasaran dan manfaat dari diadakannya Training Kebakaran (Training Damkar) pada kelas ini, yaitu; 

  1. Peserta Training Damkar ini dapat memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya; 
  2. Peserta Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D ini dapat mengerti bagaimana suatu kebakaran bisa terjadi, penjalarannya, dan bagaimana pencegahan dan penanggulangannya;
  3. Mengenal berbagai sarana dan prasarana peralatan yang dapat digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran; 
  4. Mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran;
  5. Dapat membentuk organisasi peran kebakaran; 
  6. Mampu memadamkan kebakaran tingkat awal; 
  7. Memberikan kesadaran mengenai pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran.
    • Training Pemadam Kebakaran Kelas C

Merupakan Training Pemadam Kebakaran (Training Damkar) bagi petugas kebakaran yang telah mendapatkan sertifikasi Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D. Training Kebakaran ini ditujukan untuk membentuk regu penanggulangan kebakaran.

Tujuan dilaksanakannya Training Damkar ini adalah untuk mempersiapkan personil yang memiliki kompetensi dalam memeriksa dan memelihara sarana pencegahan kebakaran, memiliki kemampuan memadamkan kebakaran tingkat lanjut, dan menyelamatkan serta memberikan pertolongan pada korban. 

    • Training pemadam kebakaran kelas B

Training Damkar ini ditujukan untuk membentuk koordinator unit penanggulangan kebakaran setelah memiliki sertifikat lulus uji Training pemadam kebakaran kelas C.

Bila telah mengikuti Training Damkar ini dan nantinya memiliki sertifikat kelas B, maka ini menunjukkan strata posisi bekerja pada satuan tim pemadam kebakaran. Nantinya, tugasnya adalah sebagai ketua dari tim pemadam kebakaran yang berperan dalam mengawasi kegiatan para petugas atau rekan kerja selama berada di jam operasional kerja.

    • Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas A

Training Damkar ini adalah Training Damkar bagi petugas pemadam kebakaran yang telah lulus dan memiliki sertifikat Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D, kelas C, dan kelas B.

Serta, telah ditunjuk untuk mengidentifikasi sumber-sumber bahaya penyebab kebakaran dan melaksanakan upaya-upaya penanggulangan kebakaran untuk menjadi Ahli K3 spesialis penanggulangan kebakaran sebagai penanggung jawab teknis.

Sehingga, Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas A ini biasa disebut dengan Training Ahli K3 Kebakaran untuk satuan tugas khusus yang mempunyai tugas manajerial di bidang penanggulangan kebakaran yang mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh satu atau lebih banyak tim pemadam kebakaran.

Ahli K3 pemadam kebakaran bersertifikat kelas A ini turut berkewajiban menjaga dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan kondusif bagi seluruh bawahannya.

Untuk menjadi ahli kebakaran haruslah menyelesaikan tahapan kelas paralel DCBA seperti yang diuraikan di atas dimulai dari Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D.

Jika sudah menjadi Ahli K3 Kebakaran, tugas selanjutnya adalah:

  • dapat membantu mengawasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang penanggulangan kebakaran
  • memberikan laporan kepada Menteri atau pejabat yang ditunjuk sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • memimpin penanggulangan kebakaran
  • menyusun program kerja atau kegiatan penanggulangan kebakaran, dan
  • melakukan koordinasi dengan instansi yang terkait.

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai pengenalan dasar dan tingkatan kelas pada Training Kebakaran K3. mulailah dari Pelatihan Pemadam Kebakaran Kelas D. Semoga informasi ini bermanfaat.

Suka artikel kami? Silahkan share

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Andri telah memesan training Ahli K3 Umum

5/5

Mau kami kirimkan schedule training dan artikel dari kami?

Cek Email di bagian Inbox atau Spam…!

Ingin menanyakan tentang training, konsultasi dan lainnya?
//
Dhany
Customer Service
Silahkan Chat kami!!!